Jumat, 28 Februari 2014

AYO BUDIDAYA JAMUR

Banyak diantara kita bingung mencari pekerjaan kesana kemari. Luar pulau ditempuh hanya untuk mencari nafkah untuk menghidupi keluarga. Yah... itu memang suatu kewajiban kita sebagai seorang kepala keluarga. Mau memulai suatu usaha kita tdk punya bekal dalam dunia usaha. modal juga sangat dibutuhkan yang tidak sedikit.
Dengan keadaan yang demikian, saya ingin berbagi pengalaman dengan teman2 untuk mencoba menekuni usaha budidaya Jamur Tiram. kita tidak usah membayangkan yang susah2. modal kita pakai seadanya saja seperti yang saya tulis di postingan saya yang lalu. Disini saya hanya akan memberikan contoh hitungan pendapatan yang kita peroleh dari budidaya jamur, temtunya dengan versi modal kecil.

Kita buat log jamur semampu kita dan kita tetap melakukan pekerjaan utama kita terlebih dahulu. Jadi perekonomian keluarga tidak akan ada masalah serius. Buatlah log setiap hari sekitar 35 log. jadi kita dalam sebulan akan mempunyai log sebanyak 1000 log. Jadi disamping kita masih bekerja seperti biasanya, kita telah memulai suatu bidang usaha lain yaitu budidaya jamur tiram. Masa produktif jamur sekitar 4bl. Jadi  didalam waktu 4 bulan kita akan mempunya log jamur aktif sekitar 4000 bh dengan asumsi 3000 log sudah produksi dan 1000 log dalam proses inkubasi.Pada bulan ke lima, log pembuatan bulan pertama sudah waktunya kita buang, diganti dengan log yang baru. Jadi dalam satu siklus pembuatan per bulan 1000 log, maka kita akan mempunyai 4000 log yang aktif berproduksi.

Mari kita berandai andai, rata rata 1 log jamur menghasilkan 0,5 kg jamur. Per 1000 log akan menghasilkan 500 kg jamur segar dalam satu siklus hidupnya. Harga pasar saat ini adalah Rp12000,00 maka per 1000 log jamur tiram mendapatkan hasil Rp 6000000,00 dikurangi biaya pokok produksi. Dengan pembuatan log yang terus menerus sebanyak 1000 log/bl maka dalau satu th produksi kita akan memperoleh minimal 40jt rupiah bersih  dari budidaya jamur tersebut. pembuatan log bisa dikerjakan pada waktu senggang, ataupun dikerjakan oleh istri dirumah setelah pekerjaan rumah tangga selesai.

Demikian gambaran singkat tentang budidaya jamur tiram Versi Orang Kepepet tetapi dengan keyakinan dan ketelatenan kita pasti bisa berhasil. SUWUN
 

3 komentar:

  1. harga perkg 12.000 ya pak
    alamatnya mana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. grobogan pak. jl raya purwodadi solo km 6 gendingan, ada yang bisa saya bantu?

      Hapus
    2. sms aja pak. 081226060771

      Hapus