Rabu, 26 Februari 2014

BIBIT JAMUR TIRAM


Dalam budidaya jamur tiram, salah satu penentu keberhasilan kita adalah terletak pada bibit yang kita gunakan. Hal hal yang berpengaruh antara lain :
1. Umur bibit
2. Kualitas bibit.
3. Vareitas bibit.
4. Ketersediaan bibit.

UMUR BIBIT

Umur bibit sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dari proses pembibitan log yang kita buat. Kadang kadang kita terpaksa menggunakan bibit yang terlalu muda. mesilium belum penuh dalam botol sudah terpaksa kita gunakan untuk pembibitan. Memang bisa berhasil tetapi resiko kegagalan terlalu besar. bibit yang kita tanam dalam log gagal tumbuh, atau tumbuh tetapi lambat dalam penyebarannya.

KUALITAS BIBIT

Kualitas bibit jelas sekali memegang peranan yang sangat penting. Asal usul bibit perlu kita telusuri karena kita akan tahu kualitasnya. Jangan asal pakai saja karena banyak penyedia bibit yang kurang bertanggung jawab. Media yang asal2an ataupun urutan turunan f1 ato f2 ato f3 sangat perlu diperhatikan. kalau bisa dan memungkinkan sebaiknya bibit kita buat sendiri. jadi kualitas bisa kita jaga.

VAREITAS BIBIT.

Vareitas juga berpengaruh dalam keberhasilan budidaya jamur tiram. Vareitas satu dengan yang lain memiliki kelebihan dan kekurangan. Karakteristik dari masing-masing vareitas tersebut bisa kita sesuaikan dengan kondisi lingkungan kita. Ada vareitas yang cocok untuk daerah sejuk ataupun vareitas yang cocok untuk daerah panas sehingga keberhasilan dapat kita capai.

KETERSEDIAAN BIBIT.

Ketersediaan bibit juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan budidaya yang kita lakukan. Alangkah baiknya kalau kita bisa memperbanyak bibit sendiri. Kita bisa ambil F1 dari penyedia bibit bersertifikat dan kita perbanyak sendiri menjadi F2 dan F3. Memang waktu menjadi agak lama tetapi dengan memperbanyak sendiri, kebutuhan akan bibit dapat tercukupi dan juga kita bisa lebih hemat dalam penyediaan bibit dan kualitas dapat terjamin.

Hanya sekian yang dapat saya sampaikan, dan mohon maaf dengan bahasa dan kata kata yang kurang berkenan, karena apa yang saya tulis hanya berdasarkan pengalaman yang saya lakukan secara otodidak. Semoga manfaat bagi teman-teman semua. SUWUN.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar