Selasa, 25 Februari 2014

ALAT STERILISASI SEDERHANA


hallo kawan.......
Pada postingan saya kali ini, saya akan memperlihatkan alat sterilisasi log yang sederhana tapi mampu untuk digunakan dalam produksi log jamur tiram untuk skala kecil. Alat ini hanya mampu mensterilisasi sekitar 85 log ukuran plastik 20x35cm. cocok untuk kita yang mempunyai modal pas-pasan tetapi yang penting punya semangat untuk maju dan berusaha. Berikut ini gambar foto alat sterilisasi dari bahan tong bekas.




Maaf fotonya miring. Kalo mau liat jelas miringkan saja laptopnya....he he...he.... Tong terdiri dari 1 tong utuh dan 1/2 tong yang disambungkan dan dibaut di 3 titik. Pada bibir tong tugelan (1/2 tong) diberi stripplat yang dilas melingkar diluar bibir yang gunanya untuk sok sambungan antara tong utuh dan tugelan dan diberi seal yang terbuat dari karet ban dalam bekas.
Untuk tong utuh kita buka tutup disatu sisi dan tutup ini kita gunakan untuk membuat sarangan didalam dan kita beri lubang yang banyak. Pada prinsipnya kita buat seperti dandang sabrok yang kita gunakan memasak nasi. Bahan bakar dapat menggunakan gas ataupun kayu bakar. untuk saya memakai gas 3kg. dapat menyala sekitar 5jam. karena tidak ada kebocoran maka  tekanan didalam drum bisa naik dan suhu meningkat sehingga dengan waktu 5 jam sudah mampu mensterilisasi log yang akan kita gunakan.

Dandang sabrok : panci yang digunakan untuk menanak nasi yang didalamnya terdapat saringan.
Tong tugelan : drum yang kita potong sebagian atau setengahnya.
Demikian gambaran alat sterilisasi sederhana semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. SUWUN.

1 komentar: